Assassin's Creed
Assassin's Creed
Assassin Creed adalah seri permainan video aksi-petualangan
dan penyelinapan yang dibuat oleh Patrice Désilets, Jade Raymond, dan
Corey May; dikembangkan dan diterbitkan oleh Ubisoft menggunakan game engine Anvil Next. Seri permainan ini menggambarkan pertarungan selama beberapa abad di antara Assassin, yang memperjuangkan perdamaian dengan kehendak bebas, dan Templar, yang menginginkan perdamaian melalui kontrol kekuasaan. Seri permainan ini menampilkan fiksi sejarah, fiksi sains, dan tokoh-tokoh fiktif, yang dipadukan dengan peristiwa dan
tokoh-tokoh sejarah. Pemain akan mengontrol tokoh Assassin di masa
lampau lebih sering, sementara mereka dapat pula bermain sebagai Desmond
Miles atau Assassin Initiate di masa kini, yang memburu target-target
Templar.
Cerita dari seri permainan video ini terinspirasi dari novel Almaut oleh penulis Slovenia Vladimir Bartol,[1] sementara konsep permainan dibentuk dari seri Prince of Persia.[2] Seri
permainan ini dimulai dengan permainan berjudul sama pada tahun 2007,
dan telah menghadirkan sebelas permainan utama. Permainan yang dirilis
baru-baru ini adalah Assassin's Creed Odyssey pada tahun 2018.
Cerita dan periode waktu yang baru diperkenalkan di setiap entri, dan
elemen dari cara bermain berkembang dari versi sebelumnya. Terdapat dua
kumpulan cerita di dalam seri ini. Untuk lima permainan utama yang
pertama, cerita berlatar pada tahun 2012 dan menampilkan tokoh utama
Desmond Miles yang menggunakan mesin yang bernama Animus dan
menghidupkan kembali memori pendahulunya untuk mencari cara untuk
mencegah kemusnahan massal pada tahun 2012.
Dalam permainan berikutnya, Assassin Initiative menghidupkan kembali
rekaman memori genetik menggunakan perangkat lunak Helix, membantu para
Assassin menemukan Piece of Eden yang baru di dunia modern.
Permainan utama dari Assassin's Creed berlatar di dunia terbuka
dan ditampilkan dari sudut pandang orang ketiga di mana para protagonis
menjatuhkan lawan menggunakan keterampilan bertempur dan menyelinap
dengan eksploitasi lingkungan. Kebebasan eksplorasi memberikan pemain
latar historis untuk menyelesaikan misi utama dan sampingan. Di samping
misi pemain tunggal, beberapa permainan juga menyediakan permainan
multi-pemain kompetitif dan kooperatif. Sementara permainan utama dibuat
untuk platform konsol dan desktop utama, beberapa permainan sampingan juga dirilis bersamaan untuk platform konsol, mobile, dan perangkat genggam.
Permainan utama pada seri permainan video Assassin's Creed telah
menerima banyak tanggapan positif atas ambisinya dalam mengembangkan
visual, desain permainan, dan cerita naratif, dengan kritikan tentang
siklus rilis tahunan dan bug yang sering muncul. Permainan spin-off menerima
tanggapan sedang hingga positif. Seri permainan video ini telah
menerima berbagai penghargaan dan nominasi, termasuk penghargaan Game of
the Year. Seri permainan video ini juga sukses secara komersial karena
menjual lebih dari 100 juta kopi per bulan September 2016, menjadi seri
terlaris yang pernah dibuat oleh Ubisoft dan menjadi salah satu seri
permainan video dengan penjualan tertinggi sepanjang masa. Assassin's Creed diadaptasi
ke dalam film yang berjudul sama, yang menerima tanggapan negatif. Seri
permainan ini juga diterbitkan dalam bentuk buku seni, ensiklopedia,
komik, novelisasi, dan novel. Semua media berlatar dalam kontinuitas
yang sama dengan seri permainan video utama.
Komentar
Posting Komentar